Management Energi dengan Sistem Hybrid Solar Energy Oleh Fabby Tumiwa
Listrik Gratis Tanpa Batas, dengan Sistem Hybrid

Pembangkit Listrik Tenaga Surya menjadi solusi menciptakan lingkungan ramah lingkungan dengan keuntungan penghematan tagihan listrik. Seperti yang dilakukan Pak Fabby Tumiwa, Direktur Eksekutif IESR (Institute for Essential Service Reform), pengguna sistem PLTS. Rumahnya mengusung konsep eco-friendly dengan memanfaatkan sinar matahari secara optimal untuk mengurangi penggunaan energi. Atap didesain khusus untuk menempatkan panel surya. Menggunakan sistem Hybrid dengan baterai sebagai penyimpanan energi, cadangan energi ketika listrik padam, dan menghemat penggunaan listrik malam hari.


Sebelumnya, terjadi kendala penggunaan PLTS yaitu pada baterai VRLA yang tegangannya anjlok sehingga penyimpanan energi tidak maksimal. Inverter yang digunakan merupakan barang impor sehingga ketika rusak, sulit untuk diperbaiki karena tidak ada pusat servisnya dan garansi pendek.


Akhirnya, perjalanan pemasangan PLTS Pak Fabby menemukan titik terang dengan memilih ATW Solar.

“Kenapa memilih ATW, saya cari beberapa vendor lain, setelah membandingkan, ATW cukup bagus. Saya minta survey, respon, hasil perhitungan, desain, dan penawarannya disampaikan dengan cepat, tidak banyak pertanyaan. Beda dengan vendor lainnya yang pada saat survey banyak pertanyaannya. Saya cek barangnya bagus dan harganya cukup kompetitif dengan kualitas yang setara” ungkap Pak Fabby.


“Saya merasakan, pra instalasi maupun setelah instalasi after service cukup baik, dan responsif. Saya juga beberapa kali berkomunikasi bukan hanya ketika rusak tapi ada hal-hal tertentu yang saya tanyakan direspon dengan baik dan cepat” pungkas Pak Fabby.

Pak Fabby Tumiwa mengajak masyarakat mulai menginstalasi PLTS pada atap rumah mereka. Tujuannya membantu menurunkan emisi gas rumah kaca dan berkontribusi menghindari krisis perubahan iklim. Karena menurut Pak Fabby, memasang PLTS sebagai solusi menghindari krisis perubahan iklim yang akan menjadi bencana bagi generasi yang akan datang.


Siasat Cerdas Hemat Listrik Rumah ala ATW Solar
The First Solar Showroom in Indonesia